Hari Ini Rekayasa Lalin Contraflow Diterapkan, Presiden Jokowi Pemudik Pulang Jangan Serentak

JAKARTA INSPIRA,- Rekayasa lalu lintas contraflow mulai KM 44+500 sampai dengan KM 46+500 di Jalan Tol Jagorawi, akan kembali diterapkan hari ini, Rabu (4/5/2022).

Pemberlakuan contraflow dimulai pada pukul 06.30 WIB khusus kendaraan yang hendak menuju Simpang Ciawi/Sukabumi.

General Manager Representative Office 1 Regional Jasa Marga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti, mengatakan rekayasa lalu lintas contraflow di jalan Tol Jagorawi kembali diterapkan atas diskresi dengan kepolisian.

“Pemberlakuan contraflow di Ruas Tol Jagorawi arah Ciawi, untuk mengurai lalu lintas yang menuju Ciawi/Puncak dan Sukabumi,” ujar Subekti.

Subekti menuturkan, jika pihaknya telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengaturan lalu lintas di lokasi contraflow untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan jelang arus balik nanti.

Lebih lanjut Subekti mendorong masyarakat agar mempersiapkan hal teknis pada kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Imbauan juga disampaikan kepada para pengemudi untuk memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektronik pembayaran tol.

Para pengguna jalan di tol juga diimbau melakukan pembaharuan informasi lalu lintas.

Adapun kanal informasi resmi Jasa Marga dapat diakses melalui aplikasi Travoy 3.0 atau Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Sebelumnya, pasca arus lalulintas berangsur-angsur normal, Jasa Marga atas diskresi Kepolisian menghentikan rekayasa lalu lintas contraflow mulai KM 5 hingga KM 13 Jalan Tol Jagorawi arah Bogor/Ciawi.

Jelang arus balik nanti, yang diperkirakan akan terjadi pada hari Jumat (6/5) hingga Minggu (8/5) mendatang, pengelola jalan tol bersama kepolisian kembali mengatur sejumlah kebijakan untuk antisipasi kemacetan panjang. Salah satunya antara lain dengan menerapkan rekayasa lalu lintas contra flow.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau pemudik yang mudik pada Lebaran 2022 untuk melakukan perjalanan arus balik lebih awal. Selain itu tidak disarankan bagi para pemudik untuk kembali pulang sebelum puncak arus balik terjadi.

“Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni. Saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal,” imbau Presiden Jokowi. (MSN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.