Hadapi ASO, Kominfo Gelar Webinar Migrasi Televisi Digital serta Bimtek 

BANDUNG INSPIRA,- Penghentian analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi analog siap dilakukan secara bertahap pada tahun ini. Tahapan tersebut akan dilakukan secara tiga tahap yang dimulai pada 30 April 2022 dan berakhir 2 November 2022 mendatang.

Untuk itu, lewat event Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-89 Tahun 2022 yang mengusung tema ‘Transformasi Penyiaran Era Digital’, Komisi Penyiaran Indonesia menggelar serangakian acara salah satunya ‘Bimtek Penggunaan Penerapan Perangkat Televisi Digital dan Set Top Box dalam Menghadapi Pelaksanaan ASO’ yang digelar oleh Kominfo di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jl. Diponegoro No. 27, Citarum, Bandung, Senin (28/3/2022).

Adyana Slamet selaku Ketua KPID Jabar disela-sela acara mengatakan tahun ini mau tidak mau program penghentian siaran televisi harus dilakukan.

“Tahap Pertama pada 30 April 2022, berlangsung di 56 wilayah layanan siaran atau 166 kabupaten/kota. Tahap Kedua pada 25 Agustus 2022. Berlangsung di 11 wilayah layanan siaran atau 110 kabupaten/kota dan tahap Ketiga pada 2 November 2021 berlangsung di 25 wilayah layanan siaran atau 65 kabupaten/kota,” jelasnya.

Sementara itu terkait masih adanya blank spot di beberapa wilayah di Indonesia, terutama Jawa Barat, ia mengatakan KPID sudah meminta Bupati dan Wakil Bupati untuk pemangsangan sinyal. “Agar masyarakat mendapatkan haknya, karena masih banyak wilayah di Jabar yang terdata masuk dalam blank spot,” pasalnya.

Ia mencontohkan, untuk wilayah Garut Selatan misalnya, sebanyak 78 persen belum bisa menikmati saluran televisi. “Untuk STB (set top box) sendiri yang berhak mendapatkan yakni warga pra sejahtara, dimana datanya sudah ada di Kementrian Sosial,” ujarnya.

Sesuai dengan rencana sebelumnya, seperti kita tahu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membagikan set top box (STB) untuk TV digital secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi kriteria.

Kominfo memastikan, distribusi STB gratis gelombang pertama akan dimulai pada 15 Maret 2022. Dimana, proses distribusi tersebut ditargetkan rampung pada 30 April atau bertepatan saat dimatikannya siaran TV analog (analog switch off/ASO) Tahap I.

Dekoder STB sendiri merupakan alat yang bisa mengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV Analog biasa. Sehingga, pemilik TV biasa tidak perlu membeli TV baru untuk bisa menikmati siaran televisi digital.

Disamping ‘Bimtek Penggunaan Penerapan Perangkat Televisi Digital dan Set Top Box dalam Menghadapi Pelaksanaan ASO’, Kominfo juga pada hari yang sama menggelar Webinar Migrasi TV Digital Indonesia, Bimtek Penggunaan Penerapan Televisi Digital dan STB serta Webinar Migrasi TV Digital. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.