Gunung Tangkuban Parahu Keluarkan Asap Solfatara dan Suara Gemuruh

BANDUNG INSPIRA,- Gunung api Tangkuban Parahu kembali menunjukkan aktivitasnya. Kawah di Tangkuban Parahu dilaporkan mengeluarkan asap solfatara pada Sabtu, 12 Februari 2022 siang.

Aktivitas asap solfatara ini terpantau melalui CCTV yang dipasang oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di area kawah. Dari rekaman CCTV, asap tersebut terlihat menggumpal berwarna putih tebal di kawah Ecoma.

Kepala PVMBG, Andiani mengatakan, aktivitas kawah di gunung Tangkuban Parahu ini terpantau terjadi pada hari ini. Terlihat ada kepulan asap disertai suara gemuruh.

“Pada tanggal 12 Februari 2022, aktivitas Gunung Tangkuban Parahu mengeluarkan asap putih sedang disertai suara blazer di kawah Ecoma. Sekitar 100 meter dari dasar kawah,” ujar Andiani pada wartawan, Sabtu (12/2/2022).

Menurut Andiani, asap solfatara ini patut diwaspadai. Asap solfatara merupakan gas yang berbahaya bagi makhluk hidup seperti hewan dan manusia. Ia mengimbau agar masyarakat tidak mendekat ke bibir kawah demi menghindari bahaya.

“Kita koordinasikan dengan pihak terkait agar masyarakat tidak mendekat ke kawah,” kata Andiani.

Meski demikian, Andiani memastikan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih di ambang batas normal. Petugas dari PVMBG bakal terus memantau aktivitas gunung Tangkuban Parahu.

“Tingkat aktivitas (gunung Tangkuban Parahu) masih normal atau level I,” tutupnya. (BAG/GIN)