Gubernur Jabar dan Tokoh Sunda Sepakat Adanya Pemekaran 5 Daerah di Jabar, Ini Namanya

BANDUNG INSPIRA,- Saat ini isu pembahasan pemekaran daerah otonom baru (DOB) Provinsi Jawa Barat tengah dibahas oleh Pemprov dan DPRD Jawa Barat. Sedikitnya ada lima daerah kabupaten yang paling siap dimekarkan

Kelima wilayah itu yaitu Kabupaten Garut Selatan, Bogor Barat, Sukabumi Utara, Bogor Timur, dan Indramayu Barat. Hal itu sudah diteken usulannya oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan DPRD Jawa Barat.

Soal pemekaran daerah di Jawa Barat memang menjadi salah satu hal yang disepakati oleh Ridwan Kamil bersama para tokoh sunda. Pemekaran daerah dipandang sebagai hal yang diperlukan dan dibutuhkan untuk menyesuaikan kebutuhan yang ada sekarang ini.

Pemekaran daerah kabupaten dan kota di Jawa Barat, juga bisa mendorong terjadinya keadilan fiskal yang merupakan dana bagi hasil pemerintah pusat.

Ketidakadilan fiskal ini dikarenakan dengan jumlah penduduk yang banyak, namun jumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat lebih sedikit.

“Yang ingin lebih kami perjuangkan adalah pemekaran kota/ kabupaten di Jabar yang jumlahnya terlalu sedikit, sehingga terjadi ketidakadilan fiskal dalam dana bagi hasil dari pusat ke daerah,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil.

Perjuangan tersebut juga mengemuka menyikapi sebagian elemen yang mengatasnamakan Sunda, mengeluarkan Makloemat Sunda 2022 yang diprakarsai oleh Gerakan Pilihan Sunda dan Lembaga Adat Kratwan Galuh Pakuan.

Elemen ini mengusulkan menggabungkan Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten menjadi Provinsi Sunda. Namun para sesepuh Sunda sepakat menolak berdirinya Provinsi Sunda.

“Terkait deklarasi itu, para Inohong, juga ketua organisasi masyarakat tidak menyetujui penggabungan tiga Provinsi menjadi Provinsi Sunda,” ujar pria yang kerap disapa Kang Emil. (RED)