Dampingi Trauma Healing SDN 032 Tilil, Siti Muntamah: Anak Berhak Kembali Bahagia

BANDUNG INSPIRA,- Anggota DPRD Jawa Barat Siti Muntamah bersama PUSPAGA dari DP3A Kota Bandung, Pandawa dari DISDIK Kota Bandung, para relawan relawan dari Fakultas Psikologi Unisba, Universitas Maranatha, HIMPSI Jawa Barat dan Relawan Berakhlak melakukan trauma healing di SDN 032 Tilil Kota Bandung pada 9 Februari 2022 merespon kejadian penusukan terhadap seorang guru oleh mantan suaminya yang sempat menghebohkan dan menyentak masyarakat setempat terutama para saksi mata.

Sebagai Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Siti Muntamah atau yang lebih dikenal sebagai Ummi Siti menyampaikan bahwa kejadian tersebut memberikan efek yang memerlukan trauma healing bagi para anak, guru dan orangtua yang menjadi saksi.

“Perlu dilakukan trauma healing terutama kepada anak-anak yang menyaksikan secara langsung, ada 26 anak yang sekarang kita healing supaya mereka kembali bahagia, kembali ceria, kembali gembira seperti dunia anak yang selama ini dilewati di SD Tilil”

Dilakukan juga trauma healing untuk keluarga, yakni para orangtua menyikapi adanya perubahan sikap pada anak, sehingga diperlukan tindakan tertentu sesuai dengan arahan dari para konselor untuk mengembalikan kebahagian anak.

Hal tersebut dinilai Ummi Siti sebagai salah satu bentuk awareness yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Dikutip dari satupersen.net ada beberapa manfaat trauma healing yakni untuk mengurangi rasa stres berlebihan, meningkatkan kontrol atas seluruh emosi, meredakan memori trauma dan memahami makna di balik trauma.

“Kami sangat berterima kasih atas kerjasamanya memberikan pendampingan trauma healing untuk sekolah ini dan menjadi pelajaran berharga bagi kami untuk lebih berhati-hati,” ujar Osa Kepala Sekolah SDN 032 Tilil saat ditemui di lokasi.

Dengan penuh kasih sayang dan kelembutan, Ummi Siti Muntamah menyapa anak-anak SD 032 Tilil, mengelus tangan dan mengusap kepala mereka satu persatu sambil memberikan semangat dan meyakinkan mereka untuk bahagia, senang, dan mau melanjutkan belajar.

Terakhir, Anggota Legislatif Fraksi PKS Dapil Jabar 1 (Kota Bandung dan Kota Cimahi) itu menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat

“Ini adalah ujian untuk kita semua, dan setiap dinamika InsyaAllah kita selalu diikhtiarkan dengan respon yang sangat baik. Terima kasih untuk Disdik dengan Pandawanya, DP3A dengan Puspaganya, dan Psikolog dari UNISBA dan Maranatha serta HIMPSI, Uncle Teebob juga pihak lainnya yang ikut berkontribusi. Semoga ikhtiar ini dicatat sebagai amal sholeh yang penuh berkah dan bisa mengembalikan suasana, semangat, kondisi menjadi normal kembali seperti sebelumnya,” tutupnya.