cegah diare dengan perilaku hidup bersih dan sehat

Cegah Diare Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Kota Bandung Inspirasi-Diare dapat menyerang siapa saja dan merupakan gejala dari sejumlah kondisi kesehatan. Kabar baiknya, ada beberapa perilaku hidup bersih untuk mencegah diare, salah satunya adalah mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah makan.

Tentu saja, cara paling penting untuk mencegah diare adalah dengan menghindari paparan agen infeksius yang dapat menyebabkannya. Dengan kata lain, perlu memperhatikan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah diare. Lalu bagaimana perilaku hidup bersih untuk mencegah diare?

Baca juga di sini : 3 REKOMENDASI OLAHRAGA YANG AMAN DILAKUKAN ANAK-ANAK

Beberapa Perilaku Hidup Bersih untuk Cegah Diare

Selain menjaga kebersihan makanan dan minuman, perilaku hidup bersih juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa perilaku hidup bersih untuk mencegah diare:

1. Mencuci tangan secara rutin

Diare biasanya ditularkan melalui konsumsi makanan atau minuman, atau dengan menyentuh benda yang terkontaminasi bakteri, parasit, atau virus. Inilah pentingnya mencuci tangan. Pastikan untuk mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum makan, serta sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, mencuci tangan dapat mengurangi risiko diare hingga 30%. CDC juga merekomendasikan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik. Pastikan untuk mencuci punggung tangan, sela-sela jari, dan di bawah kuku. Kemudian bilas dengan air mengalir dan keringkan sepenuhnya.

2. Hindari minum kopi dan alkohol

Cara mencegah diare selanjutnya adalah dengan menghindari minuman berkarbonasi, kafein, dan alkohol. Seba, minuman ini bisa memperparah diare. Sedangkan minuman bersoda yang mengandung sirup fruktosa tinggi dapat menyebabkan sakit perut akibat masalah pencernaan. Menurut penelitian, kandungan fruktosa yang tinggi pada minuman dapat menyebabkan kembung dan diare.

Baca juga di sini: Demi Ungkap Sejarah, Jabar Siap Bantu Terjemahkan Kitab Babad Padjajaran

3. Perhatikan kuliner & minuman selama bepergian

Saat perjalanan atau traveling, orang cenderung mengonsumsi kuliner atau minuman yg belum tentu higienis. Terutama bila Anda perjalanan ke negara berkembang. Untuk mencegah diare, beberapa saran yg sanggup diikuti, yaitu:

  1. Hindari minuman dingin menggunakan es batu.
  2. Belilah kuliner yg telah disiapkan menggunakan baik. Hindari minum susu atau juz yg nir dipasteurisasi.
  3. Hati-hati waktu mencoba kuliner lokal berdasarkan pedagang kaki lima.
  4. Hindari makan daging mentah atau 1/2 matang.

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh merupakan cara paling utama untuk mencegah diare. Setip orang dianjurkan untuk minum setidaknya 2-3 liter atau setara dengan 8 gelas sehari. Air putih adalah air yang paling dianjurkan dari semua jenis minuman. Namun, air garam juga baik untuk memperlambat berkurangnya cairan. Sementara itu, gula dapat membantu tubuh menyerap garam.

Meski diare adalah kondisi yang generik terjadi, bukan berarti tidak berbahaya. Dalam masalah yg parah, diare bisa mengakibatkan kehilangan cairan tubuh parah & komplikasi lainnya. Maka dari itu, penting untuk mempraktekkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah diare.

-Pris

Sumber: NewsMedical