Bawa Kebaruan dan Perubahan, Anies Baswedan Dorong Kaum Milenial Terjun dalam Politik

BANDUNG INSPIRA – Sebuah perhelatan akbar yang dihadiri para generasi muda digelar di Kota Bandung yang bertajuk NasDem Youth Festival di Gedung Sasana Budaya Ghanesa (Sabuga), Minggu (22/10/2023).

Anies Baswedan hadir langsung menjadi narasumber dalam NasDem Talk yang merupakan bagian dari rangkaian NasDem Youth Festival.

Lebih jauh, Anies juga menyampaikan beberapa hal penting salah satunya mendorong kaum millenial untuk terjun langsung dalam dunia politik.

“Anak muda berdiri dengan merdeka, anak muda kita itu responsif karna itu mereka menyaksikan kalau ada kebijakan-kebijakan oleh pemerintah anak muda terlibat untuk menjawabnya. Karena itu, kepedulian anak muda terhadap politik saat ini cukup baik,” paparnya.

Dengan tegas ia juga mengatakan, saat ini pihaknya kita perlu mendorong agar anak muda bukan saja terlibat didalam merespons tetapi juga terlibat didalam proses politik itu sendiri,” paparnya.

Anies menjelasjan, dengan adanya generasi muda yang terjun ke dunia politik, bukan hal aneh jika nantinya banyak muncul bibit-bibit muda yang kompeten dan berintegritas di dunia perpolitikan Indonesia.

“Bila lebih banyak lagi generasi Z mau menjadi anggota legislatif, mau menjadi pengurus partai politik, mau terlibat di pemerintahan maka akan punya generasi baru yang membawa kebaruan membawa perspektif baru,” sambungnya.

Disamping itu, Anies juga menilai acara seperti NasDem Yout Festival bisa menjadi percontohan untuk dilakukan secara rutin. Selain menjadi ajang pendekatan kepala daerah dan legislator kepada generasi muda, juga memberikan edukasi politik kepada anak muda.

“Bahwa festival seperti ini baik untuk sering diselenggarakan sehingga pala politisi anggota Dewan, Bupati, Walikota, bisa berinteraksi dengan anak-anak muda, dan anak anak muda melihat dari dekat figur-figur yang selama ini melihat dalam proses politik,” bebernya.

“Kita mendorong generasi baru mudah-mudahan bisa terlibat lebih jauh dan festival seperti ini menjadi penting untuk fasilitasi,” tambahnya.

Selain itu, Anies juga menjelaskan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepadanya selama 2 hari berkeliling di Kota Bandung. Dikatakan Anies, masalah lapangan pekerjaan, permasalahan pertanian dan peternakan menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan masyarakat.

“(Ke depan) Tentu kita fokus dalam keadilan jangan sampai ada sektor yang tidak mendapatkan perhatian,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai NasDem Kota Bandung, Rendiana Awangga mengungkapkan dalam acara NasDem Youth Festival ini hadir pula para pelaku UMUM yang menjadi fokus Partai NasDem untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Tentu UMKM ada juga di dalam. Untuk pesertanya sendiri ada sekitar 2.700 orang, itu dilakukan pendaftaran sebelumnya melalui online,” tandas Rendiana Awangga. (TRIW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *