Angka Positif Covid-19 Meningkat, Pemprov Jabar Sebut Stok Oksigen Surplus

BANDUNG INSPIRA,- Stok oksigen yang berada di Posko Oksigen Provinsi mauapun Kabupaten/Kota dipastikan aman meski terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 dalam sepekan terkahir ini. Ketersediaan stok di Posko Oksigen Jabar saat ini terbilang surplus.

Buffer Stock Posko tahun 2022 terdiri atas 3.769 Tabung Oksigen, 293 Oxygen Concentrator, dan 9.643 Regulator yang siap didistribusikan apabila terjadi peningkatan kebutuhan di RS maupun untuk Isolasi mandiri.

Dikatakan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Jabar, Taufiq BS, mengatakan sampai sekarang belum ada lonjakan permintaan. Pihaknya terus berkoordinasi dengan kabupaten/kota terkait jika membutuhkan pasokan oksigen mendesak.

“Jika dirasa urgent kami siap mengirim tabung berisi oksigen. Kami pastikan stok aman,” kata dia, Selasa (8/2/2022).

Tercatat juga stok tabung yang didistribusikan sejak 2021 di kabupaten/kota sebanyak 4.696 tabung. Selain itu dari produsen oksigen, Jawa Barat mendapatkan suplai sebesar 376 ton/hari, artinya sokongan ketersediaan oksigen terbilang aman.

Ketersediaan oksigen makin kuat mengingat pada tahun 2021 lalu, Pemda Provinsi Jabar sudah menambah 5 oksigen generator yang dititipkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik provinsi dan 2 oksigen generator yang disiapkan di UPTD milik Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kota Bandung dan Bogor.

“Untuk oksigen generator yang ada di RSUD dan dikelola Dinas Kesehatan Jabar itu kapasitasnya masing-masing 5000 PPM (parts per million), untuk yang di Indag itu masing-masing kapasitasnya 500 PPM,” katanya.

Di luar oksigen yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit, pihaknya juga memastikan masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri dan membutuhkan bantuan tabung oksigen masih bisa mengakses layanan OMAT dari aplikasi Pikobar. (MSN)