Angka Covid-19 Terus Naik, Yana Imbau Warga Pakai Masker di Ruang Terbuka

BANDUNG INSPIRA – Terus terjadi peningkatan angka Covid-19, Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker di ruang terbuka. Meski diakuinya membuka masker telah diperbolehkan oleh pemerintah pusat. . 

“Pada saat bapak presiden memberikan peluang membuka masker di ruang terbuka. Namun,  pada saat itu kita di Pemkot Bandung tetap menyarankan untuk menggunakan masker baik di ruang tertutup maupun di ruang terbuka, karena pandemi belum selesai,” tegas Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Selasa  (12/7/2022). 

Ia menilai, dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) diantaranya penggunaan masker, diharapkan dapat mengurangi dan menekan angka  penyebaran Covid-19.

“Di Kota Bandung, Alhamdulillah ya bahwa kesadaran masyarakat untuk menggunakan masker masih cukup tinggi,” kata Yana. 

Selain penerapan penggunaan masker, pihaknya juga terus menggenjot  vaksinasi booster atau dosis ketiga yang masih berada diangka 35 persen. Menurutnya, angka vaksinasi yang lamban diperkirakan karena masyarakat merasa sudah percaya diri pandemi selesai. 

“Mungkin orang sudah percaya diri, nganggap udah agak selesai pandeminya. Nyatanya sekarang kalau kita lihat indikator terjadi peningkatan,” tuturnya. 

Lebih jauh Yana berharap, melalui kebijakan vaksinasi booster di tempat publik masyarakat lebih dipaksa untuk divaksin. Sehingga percepatan vaksinasi dapat memenuhi target 50 persen di akhir Agustus. 

“Ya mudah-mudahan lah, agak sedikit dipaksa lewat regulasi, kita ingatkan lagi.  Sekarang masih di 35 persen. Di akhir Agustus mudah-mudahan kita bisa melakukan percepatan di atas 50 persen,” ujarnya. 

Sementara terkait dengan adanya masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat namun belum divaksin, Yana mengaku belum mengetahui hal tersebut. Yana mengatakan program tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat sehingga tidak mengetahui persis.

“Enggak tau yah, itu mah mungkin by sistem yah, Kan PeduliLindungi program pusat, adminya juga admin pusat,” tandasnya. (TRI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.