Ade Yasin Ikuti Jejak Kakaknya Rahmat Yasin Tertangkap KPK, Keduanya Bupati Bogor

BOGOR INSPIRA,- Sosok Bupati Bogor Ade Yasin berasal dari keluarga politisi. Beberapa saudaranya merupakan anggota DPRD Kota Bogor dan juga mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin.

Saudara Bupati Bogor yang menjabat sebagai anggota DPRD Kota Bogor yaitu Zaenul Mutaqin dari PPP.

Rachmat Yasin merupakan mantan Bupati Bogor yang menjabat dari 2008 hingga 2014. Rachmat Yasin kini mendekam di Lapas Sukamiskin.

KPK mengeksekusi mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021) tahun lalu.

Dia harus menjalani pidana penjara selama dua tahun dan delapan bulan dikurangi selama berada dalam tahanan.

Bupati Bogor Ade Yasin lahir di Bogor, Jawa Barat, tanggal 29 Mei 1968. Diketahui merupakan adik dari Bupati Bogor Rachmat Yasin yang menjabat dari 2008 hingga 2014.

Ade Yasin pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PPP yang menjabat dari tahun 2014 hingga 2018.

Pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Bogor 2018, Ade Yasin mencalonkan diri sebagai calon bupati di dampingi Iwan Setiawan.

Dan pasangan ini terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Bogor periode 2019-2024.

Seperti diketahui, KPK mengeksekusi mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021).

Eksekusi dilakukan oleh Jaksa KPK Irman Yudiandri berdasarkan Putusan PN Tipikor pada PN Bandung Kelas IA Khusus Nomor: 75/Pid.Sus-TPK/2020/PN. Bdg tanggal 22 Maret 2021.

“Dengan cara memasukkan terpidana Rachmat Yasin ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin untuk menjalani pidana penjara selama dua tahun dan delapan bulan dikurangi selama berada dalam tahanan,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (8/4/2021).

“Terpidana telah dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara berlanjut,” ucap Ali.

Ali mengatakan, Rachmat Yasin juga dijatuhkan kewajiban untuk membayar pidana denda sejumlah Rp 200 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka akan diganti dengan pidana kurungan selama dua bulan.

Eks Bupati Bogor ini sebelumnya telah setor uang sejumlah Rp 9.786.223.000,00 ke rekening penampungan KPK.

“Uang tersebut ditetapkan majelis hakim sebagai pembayaran uang pengganti Rachmat Yasin yang akan disetorkan pada kas negara,” ucap Ali.

Rachmat Yasin divonis oleh majelis hakim selama dua tahun delapan bulan penjara karena terbukti terlibat perkara gratifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.