BERITA INSPIRAEducationINTERNASIONALNASIONAL

Ternyata Ini Alasan Kenapa Wisatawan Asing Disebut ‘Bule’

Sumber : indonesiaexpat.id

BANDUNG INSPIRA – Secara tidak sadar, ketika masyarakat Indonesia bertemu atau melihat wisatawan asing akan menyebutnya dengan’bule’, tapi tahu gak sih alasannya kenapa mereka dipanggil dengan sebutan itu?

Ternyata, istilah kata ‘bule’ ini umumnya digunakan untuk sebutan kepada orang dengan kulit putih, sebutan ini  telah digunakan sejak zaman kolonial.

Berdasarkan kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),’bule’ merupakan bentuk penyederhanaan dari kata ‘bulai’ yang artinya berkulit putih, terutama untuk orang eropa dan Amerika, dan orang barat.

Kata ‘bulai’ tidak terdengar lagi digunakan zaman sekarang, walaupun begitu dahulunya masyarakat Indonesia menyebutna seperti itu. Namun, untuk memudahkan pelafalan, munculah penyederhanakan kata yang awalnya ‘bulai’ menjadi bule.

Walaupun kata tersebut sering diucapkan kepada wisatan asing, ternyata mereka tidak suka disebut seperti itu, mereka menganggap kata tersebut mengandung unsur rasis.

Istilah tersebut sama halnya dengan sebutan ‘n word’ kepada ras kulit hitam, dan ‘Yellow’ kepada orang Asia. walaupun begitu, ada juga yang menganggap itu hanya candaan.

Seiring berkembangnya waktu, istilah bule tidak hanya digunakan untuk suatu ras saja, tapi digunakan untuk yang lebih luas, diluar negara eropa dan Amerika, perluasan makna ini membuat istilah ini tidak terdengar menyinggung lagi. (Halfa Gia)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.