BERITA INSPIRAHEALTHKESEHATAN

Minuman Kaya Antioksidan Ini Mampu Mencegah Penyakit Kanker!

BANDUNG INSPIRA – Kanker merupakan salah satu penyakit kematian kedua di dunia. Kanker sering menyebabkan kematian bahkan sampai hari ini belum ada medis yang menemukan obat untuk penderita kanker.

Sejak awal perkembangannya, penyakit ini memang tidak menimbulkan gejala awal. Sebab pergerakkan penyakit ini terbilang cepat menyebarnya. Akibatnya, kondisi ini baru bisa terdeteksi saat stadium akhir atau keempat.

Dilansir dari alodokter, penyebab utama kanker adalah perubahan genetik pada sel sehingga sel tersebut tidak normal. Sebenarnya, tubuh memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel abnormal ini. Namun, bila mekanisme tersebut gagal, maka sel abnormal akan tumbuh secara tidak terkendali.

Kemudian untuk faktor yang berpotensi untuk menyebabkan mutasi genetik pada sel-sel normal, yakni kebiasaan merokok, riwayat penyakit kanker dari keluarga, kurang gerak dan tidak rutin olahraga, dan faktor lainnya.

Bila tubuh tidak memiliki antioksidan yang cukup sebagai daya tahan tubuh, maka dapat  memicu beberapa kondisi negatif, seperti alzheimer, diabetes tipe 2, dan bahkan kanker.

Oleh karena itu radikal bebas perlu penangkal, yakni antioksidan yang termasuk minuman herbal karena pembuatannya yang terbuat dari bahan-bahan alami. Berikut pilihan minuman yang punya antioksidan tinggi:

1. Kopi  > Selain sebagai sumber kafein, kopi dipercaya banyak orang untuk menetralkan oksidan dalam tubuh. Di dalam segelas kopi terkandung beragam antioksidan, seperti asam hidroksi sinamat dan polifenol.

2. Teh Hijau atau matcha > Belakangan menjadi toping dan minuman tinggi antioksidan dan mudah didapat. Bahkan teh hijau ini juga sumber flavonoid terutama senyawa rutin.

3. Air Lemon > Buah lemon memang dipercaya sejak lama sebagai sumber vitamin C yang menangkal tubuh dari radikal bebas.

4. Air kelapa > Cairan ini menjadi sumber dan elektrolit tubuh. Dalam hal ini kandungan elektrolit air kelapa memiliki antioksidan yang menetralkan stres oksidatif lain.

5. Jus tomat > Jus tomat menjadi salah satu opsi minuman antioksidan tinggi dengan segudang manfaat dan nutrisi. Dengan kalorinya yang rendah, jus tomat mampu memberikan nutrisi penting seperti vitamin C, potassium, dan antioksidan. (Lailatul Latifah)**

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.