BERITA INSPIRANASIONAL

Ajang Pencarian Bakat Tertua di Indonesia ‘Audisi Bintang Radio RRI Bandung’ Kembali Digelar

BANDUNG INSPIRA – Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung menggelar ‘Audisi Bintang Radio RRI Bandung 2024’ di Auditorium Lokantara Budaya RRI Bandung pada Jumat (27/9/2024).

Bintang Radio atau Bintang Radio Indonesia merupakan sebuah acara pencarian bakat nyanyi yang diselenggarakan dan disiarkan oleh RRI.

Ketua Pelaksana acara, Reta Primasari Putri mengatakan acara tahun ini sukses menyedot antusiasme peserta yang luar biasa, bahkan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Antusiasme yang kita terima itu luar biasa, bisa dilihat dari antrian ada ratusan. Dari pagi sampe siang belum selesai, alhamdulillah antusiasmenya banyak,” aku Reta.

Ia juga memaparkan, pada malam final nanti yang digelar 5 Oktober mendatang, akan ada sesuatu yang tidak biasa. Untuk itu ia mengajak agar masyarakat bisa menyaksikan malam final Bintang Radio RRI Bandung.

“Harapan, semoga acara ini bisa on-going setiap tahunnya, antusiasme dari peserta bertambah, dan RRI Bandung lebih mengena di Hati Masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang pernah mengikuti audisi tahun sebelumnya dan kini ikut terlibat kembali, memberikan tips agar peserta tidak nervous saat berada di panggung.

“Ketika aku nyanyi atau audisi, pandangan aku nggak ke juri karena menurut aku itu bikin nervous banget atau gak ke penonton. Karena itu, aku lebih fokus ke satu titik entah itu ke kursi, atau tembok atau ke lampu, biar fokus juga,” ungkap Jilian berbagi tips.

Jilian yang berkeinginan menjadi akademisi berharap agar media penyiaran, memilih konten yang lebih edukatif dan banyak program anak-anak bangsa yang berprestasi. Dengan begitu, lanjutnya, agar lebih sering disorot daripada program yang kurang edukatif.

Seperti diketahui, Bintang Radio RRI pertama kali diselenggarakan pada tahun 1951 untuk memperingati Hari Radio yang bertepatan dengan ulang tahun RRI. Bahkan, Bintang Radio RRI merupakan ajang pencarian bakat di media penyiaran tertua di Indonesia, dan masih diselenggarakan hingga saat ini.

Acara tahun ini, RRI juga menghadirkan booth beragam makanan yang bisa menjadi pilihan bagi peserta. Acara dihadiri hingga ratusan peserta mulai dari anak sekolahan hingga yang dewasa turut serta meramaikan acara Bintang Radio Indonesia.

Pada mekanisme ajang pencarian bakat ini, sebelum peserta melakukan tes audisi, peserta juga diperkenankan untuk berlatih vocal di stage outdoor yang disaksikan juga oleh peserta lainnya.

Dalam proses audisinya, para juri menilai dari penguasaan panggung, penguasaan lagu, serta dari vocal peserta. Bagi mereka yang sudah mengikuti ajang tahun ini, diperbolehkan kembali untuk ikut ajang serupa tahun depan. (Indra/Adit) **

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.