BERITA INSPIRAHEALTH

5 Makanan Ini Ternyata Dapat Turunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Sumber : Surabaya Insider

Meskipun tubuh kita membutuhkan zat lemak yang berupa kolesterol, apabila seseorang mengkonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi tidaklah baik untuk kesehatan tubuh karena tekanan kolesterol di dalam tubuh akan meningkat dan menyebabkan penyakit yang berkaitan dengan alirah darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. Selain mengandalkan obat penurun kolesterol, makanan yang kita konsumsi juga harus diperhatikan. Bagi para penderita kolesterol tinggi, tentunya butuh ketelitian ekstra untuk mencari makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari tanpa meningkatkan kadar kolesterol. Berikut merupakan beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

 

Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan Buah-buahan merupakan makanan sehat dan kaya nutrisi sehingga disarankan untuk para penderita kolesterol tinggi. Kandungan vitamin, serat, serta mineral yang ada di dalamnya baik untuk kesehatan tubuh dan juga mampu menurunkan kolesterol jahat. Berikut adalah jenis sayuran dan buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol tinggi :

  • Aneka Sayuran

Sayuran yang dimaksud adalah seperti brokoli, bayam, sawi, selada, wortel, serta kentang.

  • Buah-buahan

Buah-buahan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah yang mengandung serat pektin, seperti jeruk, apel,                 stroberi, dan anggur.

Ikan dengan Kandungan Lemak Sehat

Para penderita kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak omega-3, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, dan ikan kembung. Dalam berbagai riset, disebutkan bahwa lemak sehat omega-3 diketahui baik untuk menjaga kadar kolesterol baik, mengurangi kadar trigliserida, memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskuler seperti penyakit jantung dan stroke.

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin, protein, mineral, antioksidan, lemak sehat, serta serat larut yang sering disebut sebagai beta-glukan. Beberapa contoh biji-bijian yang dapat dikonsumsi, seperti : biji bunga matahari, gandum, dan chia seed.

Dengan banyaknya nutrisi serta serat yang terkandung di dalamnya, biji-bijian aman dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi penyerapan kolesterol di dalam saluran cerna.

 

Kacang-kacangan

Selain biji-bijian, kacang-kacangan juga mengandung beragam nutrisi, serat, dan antioksidan yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Berikut jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi :

  • Kacang polong, buncis, dan lentil sebagai sumber protein yang baik
  • Kacang kenari dan almond yang mengandung fitosterol yang terbukti manghambat penyerapan kolesterol jahat dalam usus
  • Edamame dan kacang kedelai mengandung protein dan isoflavon yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat

Jamur

Selain jenis makanan di atas, jamur juga merupakan salah satu makanan bebas kolesterol yang dapat dijadikan pilihan, dengan catatan selama pengolahan maupun penyajiannya, tidak dicampurkan dengan bahan yang mengandung lemak. (Raihani)**

 

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.