HEALTHNASIONAL

6 Tips Menjaga Kondisi Tubuh Di Bulan Ramadan

menjaga kesehatan di bulan ramadan

HEALTH, INSPIRA – Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Setiap bulan ramadan, seluruh umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama 12 jam, dari terbit fajar hingga terbenam matahari selama satu bulan penuh. Berpuasa dalam waktu lama tanpa makan dan minum bisa membuat tubuh mengalami perubahan. Maka tidak jarang badan akan merasa kelelahan dan lemas.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh bagi umat Islam dalam merayakan ramadan. Maka usahakan memilih pola makan yang tepat, dan menerapkan gaya hidup sehat selama bulan puasa ini. Berikut beberapa tips efektif untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa ramadan:

1. Meningkatkan konsumsi air

Asupan air yang cukup sangat penting selama puasa Ramadhan untuk menjaga kesehatan fisik Selama berpuasa, tubuh kekurangan cairan, sehingga sangat penting untuk memperbanyak konsumsi air putih saat berbuka puasa dan sahur. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi, karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan.

2. Pilih makanan bergizi

Pilihlah menu sahur serta berbuka yang bergizi dan seimbang. Konsumsilah makanan yang mengandung cukup protein, karbohidrat kompleks, serat. vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Hindari makanan tinggi gula. terlalu banyak garam dan lemak jenuh, yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Jangan lewatkan Sahur.

Sahur adalah makanan yang sangat penting selama Ramadhan. Makanlah makanan yang bergizi dan seimbang saat sahur agar tubuh tetap terisi energi dan nutrisi yang cukup selama berpuasa.

Baca Juga: https://inspira.tv/menjelang-idulfitri-1444-hijriah-stok-bahan-pokok-di-kota-bandung-aman/

4. Hindari makanan berlemak dan berat

Makanan berlemak dan berat dapat membuat perut kenyang. tetapi juga membuat cepat merasa lelah dan kurang energi. Oleh karena itu, hindari makanan berlemak dan berat serta pilihlah makanan yang lebih ringan yang lebih mudah dicerna tubuh.

5. Aktivitas fisik

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau jogging di sore hari selama minimal 30 menit dapat membantu tubuh tetap bertenaga. Beraktivitas setelah berbuka puasa atau sebelum matahari terbit agar tidak membuat tubuh lelah saat berpuasa.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik selama berpuasa. Tidurlah yang cukup selama Ramadhan agar tubuh dapat beristirahat.

Itulah lima cara menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Memperhatikan asupan gizi menjadi kunci utama agar tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas. Ingat, berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Melainkan waktu yang baik untuk lebih banyak beribadah dan tetap beraktivitas sebaik-baiknya. Selamat menjalankan puasa, Sobat!

 

Sumber: kemkes.go.id
Penulis: Tnr

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.