HEALTHBERITA INSPIRAKESEHATANNASIONAL

Anak Demam, Kompres Air Hangat atau Dingin, Mana yang Benar?

Anak Demam, Kompres Air Hangat atau Dingin, Mana yang Benar?

HEALTH, INSPIRA – Saat buah hati mengalami demam tentunya menjadi kekhawatiran dari setiap orang tua. Demam sendiri merupakan tanda bahwa tubuh anak sedang melawan infeksi yang akan membuat anak jatuh sakit. Demam terkadang membuat anak menjadi merasa tidak nyaman dalam beraktifitas dengan itu salah satu cara untuk menurunkan demam adalah dengan mengompresnya.

Tetapi, tak sedikit orang tua yang bingung ketika si kecil sedang demam, pertanyaan yang paling banyak adalah perihal megompres di kecil, Haruskah memakai air hangat atau air dingin. Yuk simak jawabannya di bawah!

Jika mencari jawaban saat anak demam mengompres dengan air hangat atau dingin maka jawabannya adalah kompres dengan air hangat. Ketika kompresan air hangat diletakkan dibagian tubuh baik itu dahi, ketiak, ataupun dada maka hipotalamus yang ada di otak akan menganggap area tersebut terasa panas. Oleh karena itu hipotalamus akan memberikan tanggapan dengan cara menurunkan suhu di dalam tubuh sehingga lebih dingin.

Baca Juga: https://inspira.tv/bantuan-rumah-zakat-sampai-turkiye-warga-sambut-hangat/

Perlu diingat juga bahwa mengompres dengan air hangat berarti orang tua harus lebih hati – hati. Bahkan air yang digunakan tidak terlalu panas karena akan menyebabkan risiko membakar kulit. Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk mengompres buah hati agar demamnya reda?

Cara pertama dengan menyiapkan wadah yang cukup berisikan air hangat serta kain waslap yang lembut. Air yang digunakan hanyalah panas ruam jangan terlalu mendidih. Lalu, rendam kain tersebut di air hangat dan tempelkanlah kebagian tubuh yang diinginkan. Lakukan kembali jika kainnya sudah tidak hangat serta lakukan hingga suhunya turun.

Namun, seiring berjalannya kemajuan saat ini selain menggunakan kompresan air hangat ada pula cara alternative untuk menurunkan demam sang buah hati dengan cara menempelkan hansaplast plester kompres demam yang terbuat dari bahan hydrogel yang akan mempercepat proses penurunan panas dari tubuh yang bahkan sudah tersedia di berbagai minimarket.

Jadi orang tua khususnya bunda sudah tidak perlu khawatir berlebihan ketika anak mengalami demam, lakukanlah pertolongan pertama dengan cara mengompresnya selagi tidak mengalami gejala lainnya. Jika cara tersebut masih kurang efektif bawalah anak ke dokter untuk observasi lebih lanjut

 

~Lidya Dwi

Sumber: Halodoc

About Us

Inspira Media adalah Media Holding yang bergerak di bidang content creator, content management, serta distribusi informasi dan hiburan melalui berbagai platform.