Teknologi

8 Teknologi Diprediksi akan Trend di Tahun 2022

Teknologi tercipta untuk semakin memudahkan hidup manusia. Oleh karena itu, teknologi akan terus berevolusi mengikuti perkembangan kebutuhan manusia.

Tidak heran, jika waktu-waktu sebelum peluncuran resminya, sudah ada prediksi akan terjadinya trend teknologi tersebut.

Berikut 8 Teknologi yang Diprediksi akan Trend di Tahun 2022 :

1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. 

AI merevolusi sektor bisnis dan membuat hidup kita lebih mudah dengan mengoptimisasi tugas-tugas kompleks dan membuat prediksi masa depan. AI memainkan peran besar dalam kedokteran, manufaktur, pendidikan, dan mobilitas. Perusahaan yang mengerjakan AI yaitu Google, Tesla, dan IBM.

2. 5G Network

5G Network adalah standar teknologi generasi kelima untuk jaringan seluler broadband, yang mulai diterapkan oleh perusahaan telepon seluler di seluruh dunia pada tahun 2019, dan merupakan penerus yang direncanakan untuk jaringan 4G yang menyediakan konektivitas ke sebagian besar ponsel saat ini.

Jaringan ini mengandalkan teknologi canggih seperti AR dan VR, bersama dengan layanan game berbasis cloud seperti Google Stadia, dan NVidia GeForce Now.

3. Quantum Computing

Quantum computing merupakan bentuk komputasi yang memanfaatkan fenomena kuantum seperti superposisi dan keterikatan kuantum. Teknologi terbaru ini juga terlibat dalam mencegah penyebaran Covid-19, dan untuk mengembangkan vaksin potensial. Ini dapat tercapai berkat kemampuannya untuk menanyakan, memantau, menganalisis, dan menindaklanjuti data dengan mudah.

Quantum computing juga banyak digunakan oleh perbankan dan industri keuangan non-bank untuk mengelola risiko kredit, perdagangan frekuensi tinggi dan untuk mendeteksi penipuan.

4. Augmented Reality dan Virtual Reality

VR adalah teknologi yang dapat membuat interaksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau bahkan imajinasimu. Sedangkan AR adalah teknologi yang menggabungkan unsur-unsur digital di dunia nyata, contohnya seperti IG Story

Potensi AR dan VR tidak berhenti pada industry hiburan, tetapi juga merubah beberapa sektor lain seperti kedokteran, olahraga, militer, dan pendidikan. Perusahaan yang sering mengerjakan AR dan VR adalah Qualcomm, Samsung, Microsoft, dan Apple.

5. Robotika

Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot, bidang Robotika akan menawarkan banyak hal kepada dunia di antara beberapa tren seperti smart factories, agile robotics, dan cobots untuk beberapa nama perusahaan yang aktif bekerja di bidang robotika adalah Boston Dynamic dan Universal.

6. Edge Computing

Edge computing (EC) adalah teknologi terbaru berbentuk paradigma komputasi terdistribusi, yang mendekatkan komputasi dan penyimpanan data ke sumber data. Hal ini dapat meningkatkan waktu respon dan menghemat bandwidth. Perusahaan seperti AWS (Amazon Web Services), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform terkenal memiliki layanan EC yang baik.

7. Cloud Computing

Cloud Computing adalah ketersediaan sumber daya sistem komputer berdasarkan permintaan, terutama penyimpanan data dan daya komputasi, tanpa manajemen aktif langsung oleh pengguna. Awan besar sering kali memiliki fungsi yang tersebar di beberapa lokasi, setiap lokasi menjadi pusat data.

Di tahun 2021Cloud Computing memungkinkan banyak fleksibelitas bagi perusahaan untuk terus beroperasi dalam menghadapi Covid-19.

8. Cyber security

Cyber security adalah perlindungan sistem komputer dan jaringan dari pengungkapan informasi, pencurian, atau kerusakan perangkat keras, perangkat lunak, atau data elektronik, serta dari gangguan atau penyesatan layanan yang mereka berikan.

Merebaknya pandemi Covid-19 menjadi pemicu meningkatnya jumlah serangan Cyber di seluruh dunia. Beberapa organisasi menjadi mangsa serangan cyber, seperti Facebook, LinkedIn, dan Yahoo. Oleh karena itu, bidang Cyber Security menjadi sangat penting di zaman sekarang ini. Beberapa perusahaan Cyber terbaik yaitu Cisco, Microsoft, dan IBM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *