5 Situs Warisan Dunia di Argentina, Negara Pemenang Piala Dunia 2022!

Nama negara Argentina akhir-akhir ini cukup ramai diperbincangkan. Hal tersebut dikarenakan kemenangan negara ini usai mengalahkan Timnas Prancis pada final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Selain menjadi negara yang berhasil mencetak para pemain sepak bola handal, Argentina juga dikenal sebagai salah satu negara di Amerika Selatan yang memiliki cukup banyak destinasi wisata. Bahkan beberapa di antaranya sudah resmi tercatat sebagai Situs Warisan Dunia di UNESCO!

Berikut 5 Situs Warisan Dunia di Argentina, yang dapat dijadikan destinasi liburan para wisatawan

1. Los Glaciares National Park

Destinasi wisata pertama yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan jika sedang berada di Argentina adalah Taman Nasional Los Glaciares. Sejak tahun 1981, UNESCO telah resmi mencatat taman nasional ini sebagai Situs Warisan Dunia. Keberadaan Gletser Perito Moreno, menjadi daya tarik yang ada di taman nasional ini. Gletser Perito Moreno memiliki keunikan tersendiri karena ukurannya yang dapat terus bertambah setiap hari, sehingga disebut dengan “Gletser Hidup”.

2. Iguazu National Park

Destinasi wisata berikutnya adalah Iguazu National Park, yang telah resmi dicatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1984. Taman nasional ini memiliki destinasi air terjun bernama Iguazu Falls. Air terjun yang membagi sungai menjadi Iguazu atas dan bawah ini, mampu menyajikan pemandangan eksotis kepada para pengunjungnya. Spot air terjun paling tinggi di Iguazu Falls bernama Devil’s Throat atau Tenggorokan Iblis, yang memiliki tinggi kurang lebih 80 meter. Hal ini membuat Iguazu Falls menjadi salah satu air terjun tertinggi di dunia.

3. Península Valdés

Destinasi wisata lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Península Valdés. Pada tahun 1999, Península Valdés resmi tercatat sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Tempat ini berada di lepas pantai kota Puerto Madryn, sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin melihat langsung berbagai jenis hewan laut mulai dari anjing laut, penguin hingga paus orca.

4. Cueva de las Manos

Selain Península Valdés, pada tahun 1999 UNESCO juga resmi mencatat Cueva de las Manos sebagai salah satu Situs Warisan Dunia dari Argentina. Cueva de las Manos merupakan gua yang sudah berusia ribuan tahun. Gua ini terkesan unik karena di dalamnya terdapat 186 lukisan tangan, yang diperkirakan telah dibuat oleh nenek moyang dari Suku Tehuelches, kurang lebih 9000 tahun yang lalu. Selain itu, di dalam gua ini juga beragam lukisan lainnya seperti gambar manusia, gambar hewan serta gambar proses perburuan.

5. Los Alerces National Park

Satu lagi Situs Warisan Dunia di Argentina yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Los Alerces National Park. Taman nasional ini tercatat di UNESCO sejak tahun 2007. Nama tempat ini terinspirasi dari pohon alerce, yang dapat ditemukan di sana. Pohon Alerce sendiri merupakan salah satu pohon tertua dan terbesar di dunia. Di taman ini, wisatawan dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna bahkan beberapa spesies yang terancam punah.

Itulah 5 Situs Warisan Dunia di Argentina yang sudah resmi tercatat di UNESCO. Sederet destinasi wisata tersebut dapat dijadikan sebagai referensi jika ingin berlibur ke Argentina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *